Cara Pembayaran Biaya Perkara

Prosedur Pembayaran Biaya Perkara

  • Setelah Semua Persyaratan telah terpenuhi (surat gugatan/permohonan, alat bukti), meja pendaftaran akan menyerahkan kode Virtual Account (VA) untuk pembayaran panjar biaya perkara.
  • Pembayaran biaya perkara dapat dilakukan di mesin EDC yang telah tersedia di Pengadilan Agama Martapura, atau melakukan pembayaran langsung melalui ATM terdekat atau melakukan pembayaran langsung melalui bank BNI.
  • Bukti Pembayaran diserahkan kembali ke Meja Pendaftaran untuk dibuatkan SKUM Pembayaran.
  • Pemohon/Termohon menuju kasir, bukti slip pembayaran beserta SKUM akan di beri tanda LUNAS,kemudian Kasir akan menyerahkan surat gugatan/permohonan yang telah diberi nomor perkara dan salinan SKUM. proses pembayaran selesai

Ketentuan-Ketentuan Lainnya

  • Panjar biaya perkara apabila terdapat sisa  akan dikembalikan dan jika kurang akan dikenakan baiya tambahan.
  • Kekuarangan panjar biaya perkara jika tidak dibayar setelah ada teguran dari pengadilan, perkara akan dicoret dari register perkara.
  • Sisa panjar tidak diambil dalam waktu 180 hari (6 bulan) sejak diberitahukan, akan disetorkan ke Kas Negara sebaga