Seputar Peradilan

Martapura, 14 Febuari 2019 Untuk mempercepat terwujudnya administrasi peradilan secara efektif , efisein dan modern Pengadilan Agama Martapura menerapkan pengelolaan administrasi register perkara (E-Register) dan Keuangan Perkara (E-Keuangan Perkara) secara elektroik.

E keuangan perkarae reg

Penggunaan aplikasi E-register maupun E- keuangan perkara tersebut yang terintegrasi dengan aplikasi SIPP sangat mempermudah dalam penyampaian laporan keuangan perkara dan informasi proses penyelesaian perkara (register). Dalam Penerapannya Ketua Pengadilan Agama Martapura selalu menekankan kepada bagaian kepaniteraan terhadap ke-valid-an data perkara maupun data keuangan perkara yang harus diisi secara tepat waktu melalui SIPP.

stady banding e register

 

Melalui penerapan tersebut, Pengadilan Agama Martapura menjadi destinasi study banding dari Pengadilan Agama wilayah Kalsel semenjak awal tahun 2019 baca (PA Martapura Menjadi Destinasi Study Banding Bagi PA Se-KalSel) Seperti halnya Pengadilan Agama Banjarmasin yang berkunjung ke Pengadilan Agama Martapura untuk melihat secara langsung penggunaan aplikasi E-register dan E- Keuangan Perkara.  Selain kedua aplikasi tersebut Pengadilan Agama Martapura juga telah menerapkan aplikasi pendukung SIPP lainnya seperti aplikasi panjar, aplikasi arsip perkara SIPP, aplikasi pengawasan data isian SIPP, aplikasi blangko terintegrasi SIPP, Virtual Account dan CMS biaya perkara bekerjasama dengan BNI Syariah Banjarbaru.