403 EVALUATOR KEMENPAN RB APRESIASI PA MARTAPURA.HTML

Arsip Berita

menpan1

Martapura, 20 Nopember 2019, Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB) berkunjung ke Pengadilan Agama Martapura Kelas I.B. kunjungan tersebut merupakan tahapan dalam penilaian pembangunan zona integritas pada Pengadilan Agama Martapura untuk mendapatkan predikat WBK (wilayah bebas dari korupsi). Dimana sebelumnya Pengadilan Agama Martapura telah melalui beberapa tahapan uji petik yang dilakukan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI pada tgl 9 Mei 2019, survey eksternal oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjar pada tanggal 5 dan 6 agustus 2019 dan desk evaluasi pembangunan zona integritas oleh Kemenpan RB pada tanggal 16 september 2019.

menpan2

Pada  tahapan akhir ini, kunjungan dua evaluator Kemenpan RB ( Galih Hadiwijaya dan Nisa Nurella) meninjau secara langsung penerapan pembangunan zona integritas dengan melihat area pelayanan publik  yang terpusat pada area pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) ,melihat inovasi layanan publik yang telah diterapkan Pengadilan Agama Martapura dalam upaya memberikan kemudahan dan layanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan, hingga melihat langsung penerapan budaya anti korupsi melalui dokumentasi berbagai public campaign yang diterapkan Pengadilan Agama Martapura.

mempan3

Dalam rangkaian kunjungan Evaluator Kemenpan RB pada Pengadilan Agama Martapura, yang juga dihadiri media elektronik TVRI Banjar dan Trans TV Banjar serta media cetak Banjarmasin Post ini, Dalam sesi wawancara Evaluator Galih Hadiwijaya menyampaikan “ Dari yang kami lihat dan gali, kami menilai di PA Martapura sudah melakukan upaya-upaya, inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan publik. Terutama dalam upaya mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK),"

menpan4

Evaluator Galih Hadiwijaya juga mengapresiasi inovasi penggunaan access door pada Pengadilan Agama Martapura “ Di sini juga ada pembatasan ruang bagi panitera dan hakim sehingga tidak sembarang orang bisa bertemu dan itu cukup bagus, sehingga tidak ada pungli maupun calo"

menpan5


Diakhir kunjungan , Ketua Pengadilan Agama Martapura Dra. Hj. Masyahdiah.D., M.H memberikan kenang-kenangan berupa Plakat dengan Logo Pengadilan Agama Martapura kepada tim Evaluator. Dengan adanya apresiasi dan juga saran-saran yang disampaikan oleh Evaluator dalam kunjungan ini, semakin menumbuhkan semangat dan memperkuat komitmen seluruh Aparatur Pengadilan Agama Martapura untuk selalu memberikan service excellent kepada masyarakat dan memegang teguh budaya anti korupsi.


WhatsApp-Button